Senin, 27 Juni 2016

Observasi Make up Room di Intercontinental Bali Resort.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami hanturkan kehadiran Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Mahaesa, karena dengan karunia-Nya kami dapat menyelesaiakan Paper hasil dari Observasi Make up Room di Intercontinental Bali Resort.
Meskipun banyak hambatan yang kami alami dalam proses pengerjaannya, seperti surat pengantar yang kami dapatkan pada tanggal 10 mei 2015, sehingga kami baru dapat melaksanakan tugas observasi Make Up room pada tanggal 19 Mei 2015 dan kami berhasil menyelesaikan Paper ini tepat pada waktunya. Tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah Tata Graha III Gede Sudarta yang telah memberikan arahan dan bimbingan, kami juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang sudah memberikan kontribusi baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan Paper ini.
Kami menyadari bahwa dalam menyusun paper ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya paper ini. Kami berharap semoga paper ini bisa bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.


Denpasar, 22 Mei  2014                                                                            Penulis







DAFTAR ISI

            Halaman
HALAMAN PENGESAHAN.................................................................           i
KATA PENGANTAR .............................................................................          ii
DARFTAR ISI ........................................................................................         iii
BAB I PENDAHULUAN ......................................................................          1
a.       Latar Belakang .............................................................................          2
BAB II LANDASAN TEORI ................................................................          2
BAB III PEMBAHASAN ......................................................................          4
BAB IV PENUTUP ................................................................................          8
A.    Simpulan .......................................................................................          8
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................          9




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Intercontinental Bali Resort Hotel terletak di perbatasan wilayah eksklusif Semenanjung Jimbaran di pinggiran pantai selatan Bali, InterContinental Bali Resort meliputi lahan berlanskap tropis seluas 14 hektar. Diberkati dengan pantai berpasir putih tak berujung sebagai latar belakang yang memukau, resort ini menggabungkan kolam ikan yang cantik, laguna yang berkelok-kelok dan seni batu estetik. Ibaratnya terhimpit di antara surga dan bumi, resort dengan 418 kamar mewah ini didisain dengan paduan kenyamanan modern dan elemen arsitektur tradisional Bali. Terlihat jelas pula penghargaan terhadap lingkungan sekelilingnya, yang menghormati budaya pulau yang kaya, seni keindahan dan peninggalan Hindu. Intercontinental Bali Resort memiliki daya tarik yang memikat hanya dengan berbagai kemampuan yang cukup untuk menampung kebutuhan pasangan, keluarga dan pengunjung bisnis. Menjadi sebuah tujuan utama, resort ini memiliki kemiripan dengan masyarakat Bali yang terpelihara dengan sebuah suasana yang akan membuat para tamu merasa seperti di tempat mereka sendiri.



BAB II
LANDASAN TEORI
1.   Pengertian Hotel
      Menurut Fred R. Lawson (1988:653) “hotel adalah suatu bangunan yang menyediakan jasa penginapan, makanan, minuman, serta pelayanan lainnya untuk umum yang dikelola secara komersial terutama untuk para wisatawan”.
Sedangkan menurutAgusSulastiyono (2006:5) “hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang melakukan perjalanan dan mampu membayar sesuai dengan jumlah yang wajar dengan pelayanan yang diterima tanpa ada perjanjian yang khusus”.
      Dari keduapengertian hotel di atas dapat disimpulkan bahwa hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan yang disewakan sebagai tempat untuk menginap yang menyediakan jasa untuk pelayanan, penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya yang diperuntukkan untuk umum yang dikelola secara komersial.
b.      Pengertian Housekeeping
Housekeeping merupakan salah satu bagian yang ada didalam hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area umum lainnya agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman berada di dalam hotel (EndarSugiartodan Sri Sulartiningrum, 1996 : 35).
MenurutAdiSoenarno (1995 : 94) Housekeeping adalah pembersihan, penataan dan pemeliharaan ruang dengan perlengkapannya dan area didalam hotel.Jadi housekeeping merupakan bagian department yang bertugas bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel


BAB III
PEMBAHASAN
Step By Step Procedure MakeUp Room
Tahap permulaan jam kerja (begganing of the shift)
Kegiatan yang rutin dilakukan oleh petugas pada awal jam kerja bertujuan agar dapat mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dan bertanggung jawab memelihara dan menjaga asset hotel
First checking
Melakukan absensi/daftar hadir
Mengganti pakaian seragam hotel yang telah ditentukan (personal grooming)
Menerima room attendant key rooms untuk masing-masing section
Mencatat  status kamar yang ada
Persiapan kerja

Meneima briefing dari atasan dan menyiapkan peralatan serta perlengkapan yang akan dibawa di trolley
Setelah room boy selesai mempersiapkan trolley, room boy menuju kamar yang akan dibersihkan dan taruhlah trolley ditepi koridor supaya tidak mengganggu lalu lintas tamu.

TAHAP PEMBERSIHAN
a.       Mengetuk pintu tiga kali atau menekan door bell tiga kali sambil menyebutkan jati diri : “Housekeeping” atau “Room Boy Please”. Tunggu beberapa saat untuk memastikan apakah tamu sudah betul-betul meninggalkan kamar.
b.      Buka pintu pelan-pelan, begitu pintu terbuka ucapkan “Permisi” atau “Exuce me”.
c.       Menyalakan lampu dalam kamar sambil memeriksa kalau terjadi kerusakan dan segera menghubungi engineering.
d.      Membuka black out curtain atau night curtain agar suasana dalam kamar menjadi lebih terang.
e.       Membuka mini bar consume, jika ada minuman yang diminum oleh tamu segera tanyakan ke front Office chasier apakah sudah dibayar.
f.       Memeriksa semua perlengkapan yang ada di kamar dan mengecek bila ada barang tamu yang tertinggal. Bila ada segera laporkan ke supervisor agar segera ditulis ke buku lost and found.
g.      Mengeluarkan sampah dan alat-alat bekas makan dan minum tamu, serta memberitahukan kepada room service untuk segera mengambilnya.
h.      Melakukan making bed (menata tempat tidur) sesuai dengan standar hotel.
i.        Setelah making bed selesai, room boy melanjutkan dengan cleaning bath room. Bagian kamar mandi yang harus dibersihkan, yaitu :
·      Wash basin, wastafeldenganbagian-bagiannyaseperti mirror, wash basin table, wash basin bowl, water tap.
j.        Membersihkan wall tile,dinding kamar mandi biasanya terbuat dari keramik, walaupun ada juga yang terbuat dari marmer, agar tidak menyerap air.
k.      Membersihkan shower curtain, hal ini dikarenakan fungsinya sebagai penutup saat mandi agar airnya tidak muncrat kemana-mana dan menggenangi kamar mandi.
l.        Membersihkan bath tub, bak mandi harus diperhatikan kebersihannya terutama habis dipakai untuk berendam oleh tamu.
m.    Membersihkan toilet bowl, bagian ini harus dibersihkan setiap hari karena dapat menimbulkan bau di kamar mandi.
n.      Membersihkan bidet.
o.      Cleaning wall and floor bath room. Dinding dan lantai kamar mandi biasanya terbuat dari keramik atau marmer, disamping memiliki warna yang indah juga berfungsi sebagai penyekat air sehingga kamar tidur tidak lembab dan kotor.
p.      Dusting a Room Dimaksudkan untuk membersihkan debu maupun kotoran  lain yang menempel pada perlengkapan yang ada di kamar tamu. Sebaiknya dilakukan searah jarum jam agar lebih efektif dan tidak ada yang terlewatkan.
q.      Vacuming a room merupakan cara untuk membersihkan lantai kamar berkarpet agar bebas dari debu, benda-benda tajam dan lain-lain supaya kamar menjadi bersih, aman dan nyaman.
r.        Replace guest ammunities yang sudah selesai dibersihkan perlu dilengkapi kembali dengan towel dan guest supplies sesuai dengan standar hotel.
s.       Procedure Restocking, cara memeriksa kamar yang efektif adalah sesuai dengan arah jarum jam agar tidak ada yang terlewatkan, pemeriksaan dilakukan untuk mengecek perlengkapan fasilitas di dalam kamar sesuai dengan standar hotel sehingga kamar siap untuk dijual.
Pengecekan
Pada tahan ini room boy akan mengecek kembali keadaan kamar untuk memastikan keadaan kamar sesuai dengan standar hotel. Dalam prosedure pengecekan meliputi :
·           Kebersihan merupakan tujuan dari proses pemberihan, target kebersihan termasuk wall,funitures,lamps,linen,floor,celling
·           Kerapihan merupakan pengaturan terhadap semua pelaratan yang ada didalam kamar agar terlihat rapi dan menarik.
·           Kelengkapan merupakan pengecekan terhadap kelengkapan ammeneties,supplies, dan linen yang menjadi standar hotel.
·           Kerusakan bertujuan untukmemastikan semua perlengkapan kamar berfungsi dengan baik.
·           Kesegaran merupakan proses pengecekan kesegaran kamar. Kamar yang “fresh” adalah kamar yang harum,bukan kamar yang bau rokok atau bau menyengat yang lainnya.

BAB IV
PENUTUP

A.    Simpulan
Dari observasi beserta karya tulis yang kami buat dapat kami simpulkan bahwa Meke up Room terdiri dari beberapa tahap, Persiapan diri, Persiapan trolly yang terdiri dari, persiapan alat, dan persiapan bahan pembersih, pada saat make up room tahapannya yaitu mengetok pintu 3x dan mengucapkan salam ( good morning ,roomboy service pleas) ,menyalakan lampu , mengambil sampah yang ada, mengecek fasilitas kamar apakah ada yang rusak atau tidak, making bed, membersihkan kamar mandi, menyapu , mendusting (mengelap) barang-barang dan meja ,kemudian mengecek kembali kamar tamu ,mematikan lampu serta menutup pintu kamar.








DAFTAR PUSTAKA
Anom,Rooms Division,Balai Pendidikan dan Latihan Bandung, Bandung, 1984
http://www.tripadvisor.co.id/Hotel_Review-g297696-d299128-Reviews-INTERCONTINENTAL_Bali_Resort-Jimbaran_Bali.html
http://www.ayokebali.com/index.php/product/overview/290/InterContinental-Bali-Resort
http://tatagraha.com/artikel/membersihkan-kamar-tamu/
http://missdeechiie.blogspot.com/2013/01/tugas-housekeeping-ii.ht

Tidak ada komentar:

Posting Komentar