KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami hanturkan kehadiran Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Mahaesa,
karena dengan karunia-Nya kami dapat menyelesaiakan Paper hasil dari Observasi Make up Room di Intercontinental
Bali Resort.
Meskipun
banyak hambatan yang kami alami dalam proses pengerjaannya, seperti surat
pengantar yang kami dapatkan pada tanggal 10 mei 2015, sehingga kami baru dapat
melaksanakan tugas observasi Make Up room pada tanggal 19 Mei 2015 dan kami
berhasil menyelesaikan Paper ini tepat pada waktunya. Tidak lupa kami sampaikan
terimakasih kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah Tata Graha III Gede Sudarta yang
telah memberikan arahan dan bimbingan, kami juga mengucapkan terimakasih kepada
teman-teman yang sudah memberikan kontribusi baik langsung maupun tidak
langsung dalam pembuatan Paper ini.
Kami menyadari bahwa dalam
menyusun paper ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis sangat
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya paper
ini. Kami berharap semoga paper ini bisa bermanfaat bagi kami khususnya dan
bagi pembaca pada umumnya.
Denpasar, 22 Mei 2014 Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN
PENGESAHAN................................................................. i
KATA
PENGANTAR ............................................................................. ii
DARFTAR
ISI ........................................................................................ iii
BAB
I PENDAHULUAN ...................................................................... 1
a. Latar
Belakang ............................................................................. 2
BAB
II LANDASAN TEORI ................................................................ 2
BAB
III PEMBAHASAN ...................................................................... 4
BAB
IV PENUTUP ................................................................................ 8
A. Simpulan
....................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................. 9
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Intercontinental
Bali Resort Hotel terletak di perbatasan wilayah eksklusif Semenanjung Jimbaran
di pinggiran pantai selatan Bali, InterContinental Bali Resort meliputi lahan
berlanskap tropis seluas 14 hektar. Diberkati dengan pantai berpasir putih tak berujung
sebagai latar belakang yang memukau, resort ini menggabungkan kolam ikan yang
cantik, laguna yang berkelok-kelok dan seni batu estetik. Ibaratnya terhimpit
di antara surga dan bumi, resort
dengan 418 kamar mewah ini didisain dengan paduan kenyamanan modern dan elemen
arsitektur tradisional Bali. Terlihat
jelas pula penghargaan terhadap lingkungan sekelilingnya, yang menghormati
budaya pulau yang kaya, seni keindahan dan peninggalan Hindu. Intercontinental
Bali Resort memiliki daya tarik yang memikat hanya dengan berbagai kemampuan
yang cukup untuk menampung kebutuhan pasangan, keluarga dan pengunjung bisnis.
Menjadi sebuah tujuan utama, resort
ini memiliki kemiripan dengan masyarakat Bali yang terpelihara dengan sebuah
suasana yang akan membuat para tamu merasa seperti di tempat mereka sendiri.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
1. Pengertian Hotel
Menurut Fred R. Lawson (1988:653) “hotel
adalah suatu bangunan
yang menyediakan jasa penginapan, makanan, minuman, serta pelayanan lainnya untuk umum
yang dikelola secara komersial terutama untuk para wisatawan”.
Sedangkan menurutAgusSulastiyono (2006:5) “hotel
adalah suatu perusahaan
yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan,
minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada
orang-orang yang melakukan perjalanan dan mampu membayar sesuai dengan jumlah
yang wajar dengan pelayanan yang diterima tanpa ada perjanjian yang khusus”.
Dari keduapengertian hotel di atas dapat disimpulkan bahwa hotel adalah salah satu jenis akomodasi
yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan yang disewakan sebagai tempat untuk menginap
yang menyediakan jasa untuk pelayanan,
penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya
yang diperuntukkan untuk umum yang dikelola secara komersial.
b.
Pengertian Housekeeping
Housekeeping
merupakan salah satu bagian
yang ada didalam hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan keindahan,
kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area umum lainnya agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman berada di dalam hotel (EndarSugiartodan
Sri Sulartiningrum, 1996 : 35).
MenurutAdiSoenarno
(1995 : 94) Housekeeping adalah pembersihan,
penataan dan pemeliharaan ruang dengan perlengkapannya dan area didalam hotel.Jadi housekeeping
merupakan bagian
department yang bertugas bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan,
kerapian, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel
BAB III
PEMBAHASAN
Step By Step Procedure MakeUp Room
Tahap
permulaan jam kerja (begganing of the shift)
Kegiatan yang rutin dilakukan oleh petugas pada awal
jam kerja bertujuan agar dapat mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk
menjalankan tugas dan kewajibannya dan bertanggung jawab memelihara dan menjaga
asset hotel
First checking
Melakukan absensi/daftar hadir
Mengganti pakaian seragam hotel yang telah ditentukan
(personal grooming)
Menerima room attendant key rooms untuk masing-masing
section
Mencatat status kamar yang ada
Persiapan
kerja
Meneima briefing dari atasan dan menyiapkan peralatan serta perlengkapan
yang akan dibawa di trolley
Setelah
room boy selesai mempersiapkan
trolley, room boy menuju kamar
yang akan dibersihkan dan taruhlah
trolley ditepi koridor supaya tidak mengganggu lalu lintas tamu.
TAHAP PEMBERSIHAN
a.
Mengetuk pintu tiga kali atau menekan door
bell tiga kali sambil menyebutkan jati diri
: “Housekeeping” atau “Room Boy Please”. Tunggu beberapa saat untuk memastikan apakah tamu sudah betul-betul meninggalkan kamar.
b.
Buka pintu pelan-pelan, begitu pintu terbuka ucapkan “Permisi” atau “Exuce me”.
c.
Menyalakan lampu dalam kamar sambil memeriksa kalau terjadi kerusakan dan segera menghubungi
engineering.
d.
Membuka black out curtain atau night
curtain agar suasana dalam kamar menjadi lebih terang.
e.
Membuka mini bar consume, jika ada minuman
yang diminum oleh tamu segera tanyakan ke front Office chasier apakah sudah dibayar.
f.
Memeriksa semua perlengkapan yang ada
di kamar dan mengecek bila ada barang tamu
yang tertinggal. Bila ada segera laporkan ke supervisor agar segera ditulis ke buku lost and found.
g.
Mengeluarkan sampah dan alat-alat bekas makan dan minum tamu,
serta memberitahukan kepada room service untuk segera mengambilnya.
h.
Melakukan making bed (menata tempat tidur)
sesuai dengan standar
hotel.
i.
Setelah making bed selesai, room boy
melanjutkan dengan cleaning
bath room. Bagian kamar mandi yang harus dibersihkan, yaitu :
·
Wash basin,
wastafeldenganbagian-bagiannyaseperti mirror, wash basin table, wash basin
bowl, water tap.
j.
Membersihkan wall tile,dinding kamar mandi biasanya terbuat dari keramik,
walaupun ada juga
yang terbuat dari marmer, agar tidak menyerap air.
k. Membersihkan
shower curtain, hal ini dikarenakan fungsinya sebagai penutup saat mandi agar airnya tidak muncrat kemana-mana dan menggenangi kamar mandi.
l.
Membersihkan bath tub, bak mandi harus diperhatikan kebersihannya terutama habis dipakai untuk berendam oleh tamu.
m. Membersihkan
toilet bowl, bagian ini harus dibersihkan setiap hari karena dapat menimbulkan bau di kamar mandi.
n. Membersihkan
bidet.
o. Cleaning
wall and floor bath room. Dinding dan lantai kamar mandi biasanya terbuat dari keramik atau marmer, disamping memiliki warna
yang indah juga berfungsi sebagai penyekat air sehingga kamar tidur tidak lembab dan kotor.
p. Dusting
a Room Dimaksudkan untuk membersihkan debu maupun kotoran lain yang menempel pada perlengkapan
yang ada di kamar tamu.
Sebaiknya dilakukan searah jarum
jam agar lebih efektif dan tidak ada yang terlewatkan.
q. Vacuming
a room merupakan cara untuk membersihkan lantai kamar berkarpet agar bebas dari debu,
benda-benda tajam dan lain-lain supaya kamar menjadi bersih, aman dan nyaman.
r.
Replace guest ammunities yang sudah selesai dibersihkan perlu dilengkapi kembali dengan
towel dan guest supplies sesuai dengan standar hotel.
s. Procedure
Restocking, cara memeriksa kamar yang efektif adalah sesuai dengan arah jarum jam agar tidak ada yang terlewatkan, pemeriksaan dilakukan untuk mengecek perlengkapan fasilitas di dalam kamar sesuai dengan standar
hotel sehingga kamar siap untuk dijual.
Pengecekan
Pada tahan ini room boy akan mengecek kembali keadaan kamar untuk
memastikan keadaan kamar sesuai dengan standar hotel. Dalam prosedure
pengecekan meliputi :
·
Kebersihan merupakan tujuan dari proses pemberihan, target kebersihan termasuk wall,funitures,lamps,linen,floor,celling
·
Kerapihan merupakan
pengaturan terhadap semua pelaratan yang ada didalam kamar agar terlihat rapi
dan menarik.
·
Kelengkapan merupakan pengecekan terhadap kelengkapan ammeneties,supplies, dan linen
yang menjadi standar hotel.
·
Kerusakan bertujuan
untukmemastikan semua perlengkapan kamar berfungsi dengan baik.
·
Kesegaran merupakan
proses pengecekan kesegaran kamar. Kamar yang “fresh” adalah kamar yang
harum,bukan kamar yang bau rokok atau bau menyengat yang lainnya.
BAB IV
PENUTUP
A.
Simpulan
Dari observasi
beserta karya tulis yang kami buat dapat kami simpulkan bahwa Meke up Room
terdiri dari beberapa tahap, Persiapan diri, Persiapan trolly yang terdiri
dari, persiapan alat, dan persiapan bahan pembersih, pada saat make up room
tahapannya yaitu mengetok pintu 3x dan mengucapkan salam ( good morning
,roomboy service pleas) ,menyalakan lampu , mengambil sampah yang ada, mengecek
fasilitas kamar apakah ada yang rusak atau tidak, making bed, membersihkan
kamar mandi, menyapu , mendusting (mengelap) barang-barang dan meja ,kemudian
mengecek kembali kamar tamu ,mematikan lampu serta menutup pintu kamar.
DAFTAR PUSTAKA
Anom,Rooms
Division,Balai Pendidikan dan Latihan Bandung, Bandung, 1984
http://www.tripadvisor.co.id/Hotel_Review-g297696-d299128-Reviews-INTERCONTINENTAL_Bali_Resort-Jimbaran_Bali.html
http://www.ayokebali.com/index.php/product/overview/290/InterContinental-Bali-Resort
http://tatagraha.com/artikel/membersihkan-kamar-tamu/
http://missdeechiie.blogspot.com/2013/01/tugas-housekeeping-ii.ht
Tidak ada komentar:
Posting Komentar