TUGAS
MANAJEMEN HOTEL
SKKNI
Front
Office Cashier

NAMA : I Gede Oka Raditya Iswara
NIM : 1315823096 / 22
KELAS : V D Hotel
V
D HOTEL
JURUSAN
PARIWISATA
POLITEKNIK
NEGERI BALI
JIMBARAN
2015/2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida
Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Mahaesa karena berkat rahmat-Nya penulis dapat
menyelesaikan paper yang berjudul SKKNI untuk Front office cashier tepat pada waktunya. Adapun tujuan dari
pembuatan paper ini
adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen
Hotel Program
Studi D III Perhotelan, Politeknik Negeri Bali.
Dalam penyusunan paper ini penulis banyak menemui hambatan baik itu
keterbatasan dari segi materi maupun keterbatasan dari segi sistematika. Namun
berbagai hambatan itu dapat diatasi oleh penulis berkat bantuan dari berbagai
pihak. Rasa terima kasih penulis ucapkan kepada Bapak I Gede Sudarta selaku dosen pengampu Mata
Kuliah Manajemen Hotel yang
telah membimbing penulis selama pembuatan paper ini. Selain itu penulis juga mengucapkan rasa
terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan paper ini, yang tidak mungkin disebutkan namanya satu
per satu.
Penulis menyadari bahwa paper ini masih jauh dari sempurna. Namun penulis
mengharapkan berbagai kritik dan saran dari pembaca sehingga paper ini menjadi lebih baik. Penulis berharap paper ini dapat bermanfaat baik bagi pembaca yang
berada di dalam lingkungan Politeknik Negeri Bali maupun bagi pembaca yang
berada di luar lingkungan Politeknik Negeri Bali.
Jimbaran,
15 November 2015 Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR
ISI ................................................................................................ ii
BAB
I PROFIL........................................................................................... 1
BAB
II UNIT KOMPETENSI ..................................................................... 3
BAB
III PEMBAHASAN............................................................................ 4
BAB
IV PENUTUP...................................................................................... 7
a. Simpulan............................................................................................. 7
b. Saran................................................................................................... 7
BAB
I
PROFIL
Definisi
Front Office
Front Office berasal dari kata
bahasa inggris yaitu “Front” yang
artinya depan dan “Office” berakti
kantor, jadi front office adalah
salah satu departemen di hotel yang berada di bagian depan merupakan pintu dari
gerbang hotel itu sendiri sehingga mudah diketahui dan dihubungi tamu secara
operasional berhubungan langsung dengan tamu.
Definisi
Front Office Cashier
Front
Office Cashier adalah seorang karyawan yang menangani keuangan kantor
depan, dengan mencantungkan semua fasilitas hotel yang digunakan tamu dan
menerima pembayaran dari tamu – tamu pada saat check-out. Pada saat tamu check-out
merupakan tugas FO Cashier memberi kesan kepada tamu. Employee Front Office Cashier
di hotel mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal menanganis
administrasi keuangan hotel, baik yang berkaitan dengan pendapatan hotel maupun
pengeluaran berbagai macam biaya.
Tugas
dan tanggung jawab Front Office Cashier :
a. Front
Office Cashier
Ø Front Office Cashier
Berugas melaksanakan penerimaan hasil pendapatan di Front Office Hotel
b. Ruang
lingkup Front Office Cashier
Ø Penanganan
pembayaran tamu hotel
Ø Pelayanan
penukaran uang Asing
Ø Pelayanan
titip barang berharga
Ø Penyusunan
rekapitilasi hasil penjualan hotel
c. Persiapan
Front Office Cashier
Ø Menyiapkan
area tugasnya.
Ø Menyiapkan
peralatan/perlengkapan kerja,misal nya mesin kas register,formulir rekening
tamu,dan sebagainya
Ø Menyiapkan
uang kontan yang di perlukan
Ø Menyiapkan
seluruh intruksi yang telah di terima, misalnya untuk penukaran uang
asing,titip barang berharga dan sebagainya
Ø Menyiapakan
harga jual yang berlaku saat ini
BAB II
UNIT KOMPETENSI
No
|
Kode Unit
|
Judul Unit
|
1
|
PAR.HT03.018.01
|
Mencari dan
mendapatkan data computer
|
2
|
PAR.HT03.019.01
|
Membuat dokumen
di dalam computer
|
3
|
PAR.HT03.020.01
|
Merancang dan
mengembangkan dokumen, laporan dan lembar kerja pada computer
|
4
|
PAR.HT02.019.01
|
Memelihara
catatan keuangan
|
5
|
PAR.HT02.020.01
|
Memproses
transaksi keuangan
|
6
|
PAR.HT02.023.01
|
Melaksanakan
audit malam
|
BAB III
PEMBAHASAN
Kode
Unit : PAR.HT03.018.01
Judul
Unit : Mencari dan mendapatkan data
computer
Dalam
mencari dan mendapatkan data computer ada beberapa elemen kompetensi yang harus
dilaksanakan seperti membuka file yaitu menghidukalan computer hingga mencari
data-data yan dikehenaki, lalu mengambil dan mengubah data yaitu data
ditempatkan didalam file ,informasi yang ada dalam file tersebut dapat dimasukan,
dihapus maupun diubah dengan menggunakan alat input yang tepat., setelah itu
menutup dan mengembalikan file . kompetensi ini dapat mendukung kegiatan Front Office Cashier terutaman saat
memantau dan menganalisis keuangan harian,bulanan, tahuanan serta membandingkannya
dengan angaran , ketika memantau dan menganalisis keuangan kita memerlukan
data-data yang dapat memeberikan informasi mengenai siklus keuangan maka dari
itu seorang Front Office Cashier
harus mamapu menguasai computer terutama untuk mencari dan memdapatkan data
sehingga dapat dilakukan analisis dari data yang ada.
Kode
Unit : PAR.HT03.019.01
Judul
Unit : Membuat
dokumen di dalam computer
Dalam
membuat laporan didalam computer ada beberapa elemen kompetensi yang harus
dilaksanakan seperti membuka file mulai dari menghidupkan kompuer hingga
membuka file baru yang diberi nama dan format sebagaimana yang dibutuhkan, lalu
membuka dokumendari teks dan tulisan yaitu menghasilkan dokumen yang berupa
gambar dari teks yang asli dengan jangka waktu yang telah ditentukan dan
disimpan secara teratur untuk menghindari terjaimya kehilangan data kompetensi
ini dapat mendukung kegiatan Front Office
Cashier.
Kode
Unit : PAR.HT03.020.01
Judul Unit : Merancang dan mengembangkan dokumen,
laporan dan lembar kerja pada computer
Dalam
merencanakan dan mengembangkan dokumen , laporan , dan lembar kerja pada
computer adapun beberapa elemen kompetensinya seperti menentukan presentasi dan
format dokumen yang berhubungan dengan tata letak dan ragam dokumen serta merancang dokumen
konsisten dengan garis pedoman perusahaan setelah itu membuat dokumen dengan
gaya dan format yang diinginkan dan
dibuat dalam jajaran waktu yang telah ditentukan lalu mencetak dan mengirim
dokumen ebelum dokumen dicetak atau dikirim dokumen hrus diperherhatikan
keakurasiaan dan kesinambungan dokumen tersebut.
Kode
Unit : PAR.HT02.019.01
Judul
Unit : Memelihara catatan keuangan
Dalam memelihara catatan keuangan adapun
beberapa elemen kompetensinya seperti membuat ayat-ayat jurnal berhubungan
dengan ayat jurnal dipilih dengan benar serta pengarsipan dijalankan dengan
baik serta menyesuaikan rekening dalam maksud Dokumentasi transaksi dan neraca
rekening diperiksa secara benar untuk memastikan kesesuaian dan ketidakcocokan
diidentifikasi, diselidiki atau dilaporkan sesuai dengan tingkat tanggungjawab
individu sehingga data dicatat pada sistem yang berlaku dalam batas waktu yang
telah ditetapkan, maka dari itu memelihara catatan keungan sangan penting untuk
Front office cashier agar nantinya
bila terjadi hal yang tidak diinginan nantinya bisa menuntukan catatan keungan
yang benar
Kode
Unit : PAR.HT02.020.01
Judul
Unit : Memproses Transaksi keuangan
Dalam memproses transaksi keuangan
adapun beberapa elemen kompetensinya yaitu meproses tanda terima dan pembayaran
dengan mengecek uang tunai tersebut dengan teliti agar tidak nantinya ada uang
palsu dengan cara mencatatnya dengan benar uang non-tunai dicatat dengan benar
sesuai prosedur yang ditetapkan oleh hotel itu sendiri dan seorang front office
cashier harus bisa mencocokan keuangan dengan car akas dihutung secara teliti
sehingga nantinya tidak ada permasalahan di front
office cashier
Kode
Unit : PAR.HT02.023.01
Judul
Unit : Melaksanakan Audit malam
Dalam melaksanakan audit malam
adapun beberapa elemen kepentensinya yaitu dengan memonitor keuangan nantinya
transaksi diperiksa sesuai prosedur oleh fo cashier serta keuangan harus selalu
dikontrol sesuai prosedur hotel sehingga nantinya dapat menemukan hasil yang
benar serta nanti bisa memecahkan masalah yang tidak seusasi diidentifikasikan
dengani tingkat dan tanggung jawab yang dipegang dan nantinya agar bisa
menyelesaikan laporan keuangan itu sendiri agar nantinya laporan harus rutin di
diteliti sehingga laporan tersebut bisa diteruskan dengan departemen yang
bersangkutan
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
Front
Office Cashier adalah seorang karyawan yang menangani
keuangan kantor depan, dengan mencantungkan semua fasilitas hotel yang
digunakan tamu dan menerima pembayaran dari tamu – tamu pada saat check-out. dan Front Office Cashier harus mampu menguasi hal berikut sesuai dengan
SKKNI yang ditetapkan seperti :
·
Mencari dan mendapatkan data computer
·
Membuat dokumen di dalam computer
·
Merancang dan mengembangkan dokumen,
laporan dan lembar kerja pada computer
·
Memelihara catatan keuangan
·
Memproses transaksi keuangan
·
Melaksanakan audit malam
B. Saran
Sebagai
seorang front office cashier harus
mampu melaksanakan tugas tersebut dan harus sesuai dengan SKKNI yang ditetapkan
sehingga nantinya tidak ada kesalahan yang tidak diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar