Senin, 27 Juni 2016

MANAJEMEN HOTEL SKKNI Front Office Cashier

TUGAS MANAJEMEN HOTEL
SKKNI
Front Office Cashier



NAMA           : I Gede Oka Raditya Iswara
NIM                : 1315823096 / 22
KELAS          : V D Hotel





V D HOTEL
JURUSAN PARIWISATA
POLITEKNIK NEGERI BALI
JIMBARAN 2015/2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Mahaesa karena berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan paper yang berjudul SKKNI untuk Front office cashier tepat pada waktunya. Adapun tujuan dari pembuatan paper ini adalah untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen Hotel Program Studi D III Perhotelan, Politeknik Negeri Bali.
            Dalam penyusunan paper ini penulis banyak menemui hambatan baik itu keterbatasan dari segi materi maupun keterbatasan dari segi sistematika. Namun berbagai hambatan itu dapat diatasi oleh penulis berkat bantuan dari berbagai pihak. Rasa terima kasih penulis ucapkan kepada Bapak I Gede Sudarta selaku dosen pengampu Mata Kuliah Manajemen Hotel yang telah membimbing penulis selama pembuatan paper ini. Selain itu penulis juga mengucapkan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan paper ini, yang tidak mungkin disebutkan namanya satu per satu.
            Penulis menyadari bahwa paper ini masih jauh dari sempurna. Namun penulis mengharapkan berbagai kritik dan saran dari pembaca sehingga paper ini menjadi lebih baik. Penulis berharap paper ini dapat bermanfaat baik bagi pembaca yang berada di dalam lingkungan Politeknik Negeri Bali maupun bagi pembaca yang berada di luar lingkungan Politeknik Negeri Bali.
Jimbaran, 15 November 2015                                                             Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR ISI ................................................................................................ ii
BAB I   PROFIL........................................................................................... 1
BAB II UNIT KOMPETENSI ..................................................................... 3
BAB III PEMBAHASAN............................................................................ 4
BAB IV PENUTUP...................................................................................... 7
a.       Simpulan............................................................................................. 7
b.      Saran................................................................................................... 7



BAB I
PROFIL

Definisi Front Office
            Front Office berasal dari kata bahasa inggris yaitu “Front” yang artinya depan dan “Office” berakti kantor, jadi front office adalah salah satu departemen di hotel yang berada di bagian depan merupakan pintu dari gerbang hotel itu sendiri sehingga mudah diketahui dan dihubungi tamu secara operasional berhubungan langsung dengan tamu.
Definisi Front Office Cashier
            Front Office Cashier adalah seorang karyawan yang menangani keuangan kantor depan, dengan mencantungkan semua fasilitas hotel yang digunakan tamu dan menerima pembayaran dari tamu – tamu pada saat check-out. Pada saat tamu check-out merupakan tugas FO Cashier memberi kesan kepada tamu. Employee Front Office Cashier di hotel mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal menanganis administrasi keuangan hotel, baik yang berkaitan dengan pendapatan hotel maupun pengeluaran berbagai macam biaya.
Tugas dan tanggung jawab Front Office Cashier :
a.       Front Office Cashier
Ø  Front Office Cashier Berugas melaksanakan penerimaan hasil pendapatan di Front Office Hotel
b.      Ruang lingkup Front Office Cashier
Ø  Penanganan pembayaran tamu hotel
Ø  Pelayanan penukaran uang Asing
Ø  Pelayanan titip barang berharga
Ø  Penyusunan rekapitilasi hasil penjualan hotel
c.       Persiapan Front Office Cashier
Ø  Menyiapkan area tugasnya.
Ø  Menyiapkan peralatan/perlengkapan kerja,misal nya mesin kas register,formulir rekening tamu,dan sebagainya
Ø  Menyiapkan uang kontan yang di perlukan
Ø  Menyiapkan seluruh intruksi yang telah di terima, misalnya untuk penukaran uang asing,titip barang berharga dan sebagainya
Ø  Menyiapakan harga jual yang berlaku saat ini
















BAB II
UNIT KOMPETENSI
No
Kode Unit
Judul Unit
1
PAR.HT03.018.01
Mencari dan mendapatkan data computer
2
PAR.HT03.019.01
Membuat dokumen di dalam computer
3
PAR.HT03.020.01
Merancang dan mengembangkan dokumen, laporan dan lembar kerja pada computer
4
PAR.HT02.019.01
Memelihara catatan keuangan
5
PAR.HT02.020.01
Memproses transaksi keuangan
6
PAR.HT02.023.01
Melaksanakan audit malam



BAB III
PEMBAHASAN

Kode Unit       : PAR.HT03.018.01
Judul Unit       : Mencari dan mendapatkan data computer
Dalam mencari dan mendapatkan data computer ada beberapa elemen kompetensi yang harus dilaksanakan seperti membuka file yaitu menghidukalan computer hingga mencari data-data yan dikehenaki, lalu mengambil dan mengubah data yaitu data ditempatkan didalam file ,informasi yang ada dalam file tersebut dapat dimasukan, dihapus maupun diubah dengan menggunakan alat input yang tepat., setelah itu menutup dan mengembalikan file . kompetensi ini dapat mendukung kegiatan Front Office Cashier terutaman saat memantau dan menganalisis keuangan harian,bulanan, tahuanan serta membandingkannya dengan angaran , ketika memantau dan menganalisis keuangan kita memerlukan data-data yang dapat memeberikan informasi mengenai siklus keuangan maka dari itu seorang Front Office Cashier harus mamapu menguasai computer terutama untuk mencari dan memdapatkan data sehingga dapat dilakukan analisis dari data yang ada.

Kode Unit       : PAR.HT03.019.01
Judul Unit        : Membuat dokumen di dalam computer
Dalam membuat laporan didalam computer ada beberapa elemen kompetensi yang harus dilaksanakan seperti membuka file mulai dari menghidupkan kompuer hingga membuka file baru yang diberi nama dan format sebagaimana yang dibutuhkan, lalu membuka dokumendari teks dan tulisan yaitu menghasilkan dokumen yang berupa gambar dari teks yang asli dengan jangka waktu yang telah ditentukan dan disimpan secara teratur untuk menghindari terjaimya kehilangan data kompetensi ini dapat mendukung kegiatan Front Office Cashier.

Kode Unit       : PAR.HT03.020.01
Judul Unit       : Merancang dan mengembangkan dokumen, laporan dan lembar kerja pada computer
Dalam merencanakan dan mengembangkan dokumen , laporan , dan lembar kerja pada computer adapun beberapa elemen kompetensinya seperti menentukan presentasi dan format dokumen yang berhubungan dengan tata letak dan  ragam dokumen serta merancang dokumen konsisten dengan garis pedoman perusahaan setelah itu membuat dokumen dengan gaya dan  format yang diinginkan dan dibuat dalam jajaran waktu yang telah ditentukan lalu mencetak dan mengirim dokumen ebelum dokumen dicetak atau dikirim dokumen hrus diperherhatikan keakurasiaan dan kesinambungan dokumen tersebut.

Kode Unit       : PAR.HT02.019.01
Judul Unit       : Memelihara catatan keuangan
            Dalam memelihara catatan keuangan adapun beberapa elemen kompetensinya seperti membuat ayat-ayat jurnal berhubungan dengan ayat jurnal dipilih dengan benar serta pengarsipan dijalankan dengan baik serta menyesuaikan rekening dalam maksud Dokumentasi transaksi dan neraca rekening diperiksa secara benar untuk memastikan kesesuaian dan ketidakcocokan diidentifikasi, diselidiki atau dilaporkan sesuai dengan tingkat tanggungjawab individu sehingga data dicatat pada sistem yang berlaku dalam batas waktu yang telah ditetapkan, maka dari itu memelihara catatan keungan sangan penting untuk Front office cashier agar nantinya bila terjadi hal yang tidak diinginan nantinya bisa menuntukan catatan keungan yang benar
Kode Unit       : PAR.HT02.020.01
Judul Unit       : Memproses Transaksi keuangan
            Dalam memproses transaksi keuangan adapun beberapa elemen kompetensinya yaitu meproses tanda terima dan pembayaran dengan mengecek uang tunai tersebut dengan teliti agar tidak nantinya ada uang palsu dengan cara mencatatnya dengan benar uang non-tunai dicatat dengan benar sesuai prosedur yang ditetapkan oleh hotel itu sendiri dan seorang front office cashier harus bisa mencocokan keuangan dengan car akas dihutung secara teliti sehingga nantinya tidak ada permasalahan di front office cashier

Kode Unit       : PAR.HT02.023.01
Judul Unit       : Melaksanakan Audit malam
            Dalam melaksanakan audit malam adapun beberapa elemen kepentensinya yaitu dengan memonitor keuangan nantinya transaksi diperiksa sesuai prosedur oleh fo cashier serta keuangan harus selalu dikontrol sesuai prosedur hotel sehingga nantinya dapat menemukan hasil yang benar serta nanti bisa memecahkan masalah yang tidak seusasi diidentifikasikan dengani tingkat dan tanggung jawab yang dipegang dan nantinya agar bisa menyelesaikan laporan keuangan itu sendiri agar nantinya laporan harus rutin di diteliti sehingga laporan tersebut bisa diteruskan dengan departemen yang bersangkutan






BAB IV
PENUTUP
A.      Simpulan
Front Office Cashier adalah seorang karyawan yang menangani keuangan kantor depan, dengan mencantungkan semua fasilitas hotel yang digunakan tamu dan menerima pembayaran dari tamu – tamu pada saat check-out. dan Front Office Cashier harus mampu menguasi hal berikut sesuai dengan SKKNI yang ditetapkan seperti :
·         Mencari dan mendapatkan data computer
·         Membuat dokumen di dalam computer
·         Merancang dan mengembangkan dokumen, laporan dan lembar kerja pada computer
·         Memelihara catatan keuangan
·         Memproses transaksi keuangan
·         Melaksanakan audit malam

B.     Saran
Sebagai seorang front office cashier harus mampu melaksanakan tugas tersebut dan harus sesuai dengan SKKNI yang ditetapkan sehingga nantinya tidak ada kesalahan yang tidak diinginkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar